02 June 2010

Upgrading my loudsepaker.

Disini saya mempunyai sepasang Speaker flour standing yang saya beli bekas dari eBay. Memang bukan Speaker kelas mahal, tetapi suaranya tidak terlalu jelek. Untuk meningkatkan kualitas suara saya membeli kapasitor merk Visaton untuk menggantikan kapasitor bawaan di Crossovernya. Setelah penggantian hasilnya cukup lumayan juga. Detail Vocal cukup meningkat. Mid dan Bass terasa lebih jelas. Biasanya kapasitor membutuhkan waktu beberapa puluh jam pemakaian untuk "break in", dan biasanya akan terjadi peningkatan kualitas suara setelahnya. Kita tunggu saja.
Untuk kabel speaker saya baru saja membeli 3 meter kabel Monster cable seri Superflat mini minggu lalu untuk menggantikan kabel speaker standar + kepangan CAT5.Saya masih berangan-angan untuk membuat speaker sendiri. Mungkin di tahun-tahun mendatang, harus disesuaikan dengan budget dan ketersediaan waktu juga.

Sebelum Penggantian

Kapasitor yang baru

Perbandingan Kapasitor lama dan baru. Kapasitor baru mempunyai ukuran lebih besar untuk ukuran kapasitas yang sama.

Setelah Penggantian




2 comments:

  1. T.S. Mul,

    Wah sudah lama saya tidak berkunjung nih.
    Rupanya anda senang dengan alat2 elektrik.
    Semoga loud speakernya menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  2. Thanks dok,
    sudah lama nih tidak nulis lagi, sibuk dengan kerjaan dan baru memulai membuat penelitian disini.

    ReplyDelete