19 July 2009

Musik dan Objektivitas

Saya jadi teringat jaman kuliah dulu, ada seorang teman saya yang suka dengan F4 terutama Vanness Wu. Lalu ketika F4 mengeluarkan album, dan sewaktu Vanness Wu juga mengeluarkan album, dia langsung membelinya. Padahal menurut saya suaranya juga tidak bagus, apalagi ketika menyanyi live. Lalu saya tanya alasannya. Dia pun menjawab Abis Vanness kan cakep. Lalu jaman F4 berlalu dan Jay Chou pun mulai populer, dia langsung pindah aliran membeli CD Jay Chou. Yah lebih mending deh, suaranya bagus, isi lagunya pun bermutu. Tapi buat dia tetap alasannya karena Jay Chou ganteng.
Saya terus terang bingung dengan sikap kebanyakan orang seperti teman saya ini. Mereka menilai musik bukan dari segi kualitas musik tersebut secara objektiv tetapi karena penampilan si Penyanyi. Aneh kan, Musik yang didengarkan telinga koq diniali bukan dengan telinga tapi dengan mata???
Apakah lantas saya tidak menyukai penyanyi (mengidolakan) penyanyi tertentu? Tentu saja saya juga punya Penyanyi yang saya sukai. Bahkan beberapa saya mempunyai albumnya secara lengkap. Saya menyukai Diana Krall, Michael Bubblé, Teresa Teng, Cai Qin, Jubing Kristianto, dan banyak lagi. Bahkan Jay Chou pun saya suka. Diana Krall dan Cai Qin memang cantik, Michael Bublé dan Jay Chou memang keren dan ganteng. Tapi apakah saya memilih membeli album mereka begitu beredar di pasaran karena mereka cantik dan ganteng? tentu tidak. Saya membelinya karena suara mereka bagus, musiknya pun bagus. Saya sebenarnya tidak perduli siapa yang menyanyikannya, yang penting suaranya bagus dan enak di dengar.
Mungkin ada pula yang lebih ekstrim, mereka tidak mau membeli musik dari artis tertentu hanya karena alasan Ras, Agama, kelakuannya aneh, tampangnya aneh, atau diskriminasi lainnya. Benar-benar keterlaluan menurut saya.
Cobalah nikmati musik anda seperti berikut. Pasang CD atau apapun sumber musik anda di sistem audio terbaik anda yang sesuai dengan jenis lagu anda. Kalau bisa di tempat yang benar-benar sunyi dari suara luar atau suara lain. Matikan semua lampu, duduklah di tempat duduk terbaik untuk mendengarkan musik dari sistem anda (sweet spot). Dengarkanlah sambil memejamkan mata. Anda akan dapat menikmati musik yang anda sukai dengan lebih seksama dan akan terasa keindahan dari lagu yang dibawakan penyanyi yang memiliki kualitas sesuai.
Tapi tips ini tidak berlaku untuk musik dengan irama nge'beat'. Untuk irama ini anda memang harus menikmatinya di club atau lantai disco. Karena memang diperuntukan demikian.
Dan kualitas Musik terbaik tetap tidak ada yang mengalahkan Live performance di depan Anda.

Selamat menikmati musik dengan Objektif...

"Kadang dengan 'mematikan' salah satu dari panca indra kita, maka kita dapat memfokuskan indra lain dengan lebih baik."

1 comment:

  1. "Welcome to the web experts treatment of various types of diseases, do not forget to get the best health solutions here"
    Obat Malesma Paling Ampuh
    Obat Psoriasis Paling Ampuh

    ReplyDelete