05 July 2009

Steak Sake Mulipork

Kali ini saya mencoba untuk membuat Steak. Tapi berhubung tidak punya grill maka steak ini dipanggang di oven saja. Rasanya tapi tidak kalah dengan steak yang dipanggang diatas bara api.
Bumbu perendam steak ini terinspirasi dari hasil pencarian resep-resep steak di internet. Begini kira-kira resepnya:

Bahan:
Daging Steak Babi atau Sapi
Bawang bombay 1/2, potong kecil-kecil
Sake kira-kira 1 cup
Kecap asin 1 cup
lada hitam secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak zaitun
Daun Basil secukupnya

Cara membuat:
Campur Daging semua bahan perendam menjadi satu. Diamkan di dalam lemari pendingin selama minimal 6 jam atau lebih, agar bumbu meresap.
Panaskan oven dengan suhu kira-kira 250-300 derajat celsius. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Jangan lupa dibalik agar tidak gosong disatu sisi saja. Hati-hati dalam memanggang, jangan terlalu lama, karena Sari daging akan keluar semua, dan daging akan menjadi kering. Lebih enak bila menggunakan bahan daging yang mengandung lebih banyak lemak, karena akan lebih juicy.

Selamat mencoba...

tambahan:
Selain dipanggang di oven steak dalam resep ini bisa juga digoreng di atas pan dengan menggunakan sedikit mentega atau butter (braten kalo bahasa Jermannya sih). Modifikasi lainnya adalah dengan saus. Kali ini saya mencoba dengan saus Jäger. Saya pakai saus instant saja karena untuk makan satu orang agak repot kalau membuat saus sendiri, dan hanya dipakai sedikit, lebih banyak terbuangnya.

Selamat mencoba lagi...

3 comments:

  1. TS Muliadi,

    Daun basil itu apa ya? Apakah di Indonesia ada? Tq.

    ReplyDelete
  2. @ Dr. Basuki: Daun basil itu sejenis rempah-rempah dok. kalau di Indonesia saya belum pernah liat yang mentahnya, kalau yang sudah dikeringkan biasanya ada di supermarket.biasanya untuk masakan italia.
    kalau mau lihat bentuknya bisa dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Selasih. Disini saya beli yang masih hidup lengkap sama pot-potnya dok, hobi tanem-taneman juga sih, hahaha.

    ReplyDelete
  3. "Welcome to the web experts treatment of various types of diseases, do not forget to get the best health solutions here"
    Obat Malesma Paling Ampuh
    Obat Psoriasis Paling Ampuh

    ReplyDelete