03 July 2009

Podcast

Beberapa hari yang lalu saya menyinggung tentang podcast yang didengarkan sewaktu di perjalanan dalam artikel iPhone, ilmu pengetahuan, dan pemanfaatan waktu. Hari ini saya ingin berbagi tips tentang podcast.

Apakah podcast itu?
Podcast merupakan publikasi yang bisa di download di internet baik siaran audio maupun visual, yang memungkinkan pengguna otomatis mendownload setiap publikasi baru dengan berlangganan seperti berlangganan majalah atau koran.

Apa saja yang bisa didapatkan di podcast?
Podcast berisikan berbagai macam informasi dan hiburan, mulai dari musik, komedi, berita, budaya, bahasa, sampai update ilmu pengetahuan terkini.

Berapa biaya berlangganan podcast?
hampir semua podcast dapat didownload secara gratis.

Bagaimana cara berlangganan podcast?
podcast membutuhkan program untuk bisa mendownload podcast ini. Yang paling mudah dan gratis adalah itunes. itunes dapat didownload secara gratis di website apple.com dan pilih sistem operasi yang sesuai dengan sistem operasi komputer anda (windows os atau mac os). Setelah download selesai, installlah itunes (tinggal mengikuti petunjuk penginstallan). Lalu jalankan program itunes dan pilih itunes store lalu pilih bagian podcast. Anda bisa memilih bidang apa yang anda minati, dan mencari podcast yang sesuai. Anda dapat juga mereviewnya terlebih dulu malahan. setelah itu anda tinggal klik subscribe atau berlanganan, maka setiap anda membuka itunes dalam komputer yang terhubung dengan internet maka update terbaru dari podcast anda akan didownload secara otomatis. Selain itu anda dapat mencari podcast yang anda inginkan dengan mengetik kata kunci di kolom search dibagian kanan atas itunes.

Apa saja yang saya dengarkan?
Saat ini saya berlangganan 13 podcast antara lain AHA's podcast (American Heart Association), Discovery channel video podcast, JAMA (Journal of American Medical Association) this week audio commentary, MicrobeWorld video, NEJM (New England Journal of Medicine) this week - audio summary, Peerview Cardiology podcast. Science update podcast - Daily edition, sendung mit der Maus, Sixty second tech, 60-second earth, 60-second science, 60-second psych, dan 60-second video. Dan yang menjadi favorite saya adalah program dari american scientist yaitu 60-second earth, 60-second science, dan 60-second psych, karena programnya hanya berdurasi kira-kira 1 menit sesuai dengan namanya, isinya up to date dan menarik, selain itu selalu ada episode baru setiap hari (hari kerja).

Selamat mencoba dan menikmati podcast.

"I hear and I foreget, I see and I remember, I do and I Understand"
Confusius

1 comment:

  1. "Welcome to the web experts treatment of various types of diseases, do not forget to get the best health solutions here"
    Obat Malesma Paling Ampuh
    Obat Psoriasis Paling Ampuh

    ReplyDelete