15 September 2009

Setahun Bekerja

Tanggal 15 September 1 tahun yang silam, saya mulai bekerja di Rumah Sakit Universitas Heidelberg. Waktu memang tidak terasa, begitu cepat berlalu. Saya masih ingat, ketika itu saya datang dengan bahasa Jerman yang masih pas-pasan ke rumah sakit ini. Hari itu pun saya mulai diperkenalkan kepada rekan-rekan dokter di bagian Angiologie. Saya pun masih meminjam jas dokter kepala bagian Angiologie dan mulai dengan mengamati para dokter disana melakukan pemeriksaan. Dan sekarang saya sudah cukup lancar dalam berkomunikasi dengan pasien, walaupun masih belum sempurna. Saya pun sudah dapat melakukan hampir semua pemeriksaan di bagian Angiologie, dan sekarang saya pun sudah bisa membuat surat hasil pemeriksaan sendiri, walaupun kadang masih ada kesalahan kecil dalam tata bahasa. Dan yang paling mengesankan pada hari ini, tepat setelah 1 tahun saya bekerja di bagian Angiologie, saya secara kebetulan menjadi dokter utama yang "stand by" di klinik Angiologie. Sebetulnya hal ini hanya kebetulan saja, karena sedang ada kongres besar tentang jantung dan pembuluh darah di kota lain, sehingga dokter-dokter senior lainnya cuti karena menghadiri kongres tersebut. Tetapi saya merasa cukup bangga ternyata saya bisa dipercaya oleh rumah sakit dan dokter-dokter senior untuk bekerja sendiri, walaupun sebenarnya saya masih bisa berkonsultasi dengan seorang profesor yang sedang bertugas sebagai dokter kepala di bagian Angiologie saat itu.
Ternyata kerja keras saya bisa membuahkan hasil dan kebanggaan tersendiri. Kuncinya sebenarnya hanyalah bekerjalah sebaik-baiknya, dan menganggap setiap pasien yang saya tangani adalah pasien yang penting, yang bila saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya dapat malah mencelakakan pasien. Bila kita melakukan tugas kita dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya maka niscaya kita akan mendapatkan balasan yang setimpal.

"Walau apa pun yang kita lakukan, jika dibuat dengan sabar, akhirnya akan membuahkan hasil jua"

4 comments:

  1. Betul mul.. setiap kepercayaan dan kesempatan jarang datang 2 kali, jadi manfaatkan sebaik2nya.. Sukses terus mul. GBU

    ReplyDelete
  2. Akhirnya.... kerja keras dan kesungguhan bekerja berbuah yang baik. Pasti ada kepuasan kerja dalam hati anda.

    Hidup dan bekerja di negara orang sungguh tidak mudah dan perlu perjuangan keras.

    Kita memetik apa yang kita tanam.

    Berbahagialah anda yang dapat belajar dan bekerja di negara yang lebih maju. Semoga dapat bermanfaat bagi orang-orang lain yang membutuhkannya.

    Kelak anda yang mempunyai 2 tangan ini, yang 1 tangan untuk menolong diri sendiri dan 1 tangan yang lain untuk menolong orang-orang lain yang membutuhkannya.

    Salam sukses dari,
    Basuki Pramana

    ReplyDelete
  3. Terimakasih dr. Basuki.
    Semoga yang telah saya perjuangkan ini bisa berguna untuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat banyak kelak. Yang saya inginkan sebenarnya bisa mengabdikan yang saya telah pelajari di Tanah air kelak.

    salam

    ReplyDelete