18 December 2011

Loudspeaker Upgrade

Hari ini saya menyempatkan diri menulis lagi, setelah lama menghilang dari peredaran blogspot.
Tema kali ini adalah mengupgrade speaker. Ceritanya bulan lalu saya bertanya kepada teman saya dari dunia maya, yang saya kenal dari salah satu milis elektronik, yaitu pak Paul. Waktu itu saya mengirimkan layout integrated amps saya (Dynavox VR-70e II) dan bertanya bagaimana cara membongkar ampli tabung yang aman, dan komponen mana yang menghasilkan perubahan signifikan bila diganti. Pada saat itu saya berencana mengganti terminal input RCA karena agak rusak. Tapi dengan kebaikhatian beliau, bukan saja pertanyaan saya dijawab, malah saya pun diberi tips2 lain untuk memperbaiki suara di sound system saya. Salah satunya adalah tips bagaimana membuat suara di Speaker menjadi lebih baik. Dan bahkan saya sampai dikirimi beberapa buah kapasitor untuk bereksperimen. (Thanks a lot Mr. Paul)
Alhasil saya pun mulai mengupgrade Speaker saya. Awalnya saya beranggapan bahwa komponen speaker terpenting adalah drivernya, tetapi anggapan ini ternyata salah, bahkan kabel dan capacitor dari sebuah crossover pun sangat berpengaruh pada suara akhir.
Langkah pertama adalah mengganti capacitor elco visaton 4,7uF ke Wima MKP 4 4,7uF.
Setelah itu saya mengganti perkabelan di dalam Speaker. Mula-mula saya ganti kabel dari crossover ke tweeter dan mid-woofer dengan cabel CAT5 yang dikepang. Kabel dari terminal ke crossover dan dari crossover ke bass-woofer saya ganti dengan kabel speaker transparan standar 2x4mm. Hasilnya suara vocal lebih lepas, tetapi bassnya serasa berlebihan. Akhirnya setelah pesanan terminal speaker tipe banana saya tiba saya ganti lagi kabel dari terminal ke crossover dan dari crossover ke bass-woofer dengan kabel speaker bawaan dari Wharfedale 5.1 Speaker-set. hasilnya bassnya agak jinak. Terakhir saya ganti lagi kabel dari terminal ke crossover dengan kabel speaker yang sekarang saya pakai (Monster cable superflat mini). Saya juga menambahkan banana plug pada kabel speaker saya.
Karena bassnya terasa kurang fokus akhirnya saya tambahkan 4 spikes di setiap speaker. hasilnya bassnya terasa lebih fokus dan bulat.
Setelah pesanan caps saya tiba saya, saya membypass caps Visaton 47uF dengan PIO K75-10 1uF/250V dan caps Wima MKP 4 4,7uF dengan PIO K75-10 0,47uF/250V. hasilnya vokal benar2 lepas dan detail, tetapi trebel masih agak sayup2.
Minggu lalu datang juga akhirnya paket pemberian pak Paul. Bypass PIO K75-10 0,47uF/250V pun diganti dengan PIO МБМ 0,1uF/1000V. Akhirnya trebelnya pun menjadi lepas. Detail suara cymbal atau nyarignya suara trompet pun menjadi terdengar jelas.
Akhirnya dengan perubahan diatas speaker saya menjadi bersuara merdu.
Thanks a lot to Mr. Paul.
Next time saya akan sambung dengan Upgrade Dynavox VR-70e II.



No comments:

Post a Comment