08 January 2012

Dynavox VR-70e II Upgrade

Seperti yang saya tulis di posting saya sebelumnya, saya akan menulis tentang perjalanan meng-upgrade amplifier tabung Dynavox VR-70e II saya. Setelah menemani saya sekitar 2 tahun lamanya ada bagian dari ampli ini yang rusak. Satu dari stecker RCA copot saat saya melepaskan kabel saat pindahan rumah. Tetapi kerusakan ini tidak parah dan bisa saya akali dengan lem besi. Tetapi saya tidak begitu puas dan memutuskan untuk mengganti stecker RCA ini. Tetapi karena bermain dengan ampli tabung bukanlah hal yang aman (Ada listrik ratusan volt yang tersimpan dalam setiap capacitornya), kalau tidak hati2 maka salah-salah nyawa bisa melayang. Karena dari itu saya menulis email kepada rekan DIY Audio saya, pak Paul, mengenai keamanan untuk membuka ampli tabung, selain tentunya mencari informasi di internet. Selain informasi keamanan, saya malah diberi bonus dengan tips-tips tweak ampli tabung ini, bahkan sekaligus dikirimi beberapa kapasitor paper in oil (PIO) buatan rusia dan kabel untuk menguras kapasitor saat membuka ampli.
Setelah membaca-baca artikel tentang tweak ampli Dynavox ini dan berkonsultasi dengan pak Paul maka saya pun memesan beberapa komponen. Setelah komponennya datang maka dimulailah operasi ampli ini. Artikel yang saya pesan pertama antara lain Tabung Telefunken EFC82, Stecker RCA Female (Neutrik), Potentiometer 20Kohm (ALPS), Kapasitor PIO 0,47uF dan 1uF. Selain itu ada kiriman dari pak Paul yaitu Kapasitor PIO 0,5uF, 0,25uF dan 0,1uF.

1. Upgrade pertama dimulai dengan mengganti tabung 6F2 dengan tabung telefunken EFC82.
Suara langsung berubah drastis. Suara lebih open (terutama vokal), staging lebih rapih dan detailnya lebih baik. Hanya saja detail high dan low masih kurang, tetapi mungkin ini akibat speaker yang belum diupgrade saat itu.
Telefunken ECF82
Telefunken ECF82 on Dynavox VR70e II
2. Setelah itu mulailah penggantian stecker RCA, potentiometer dan beberapa kapasiotor dari jenis MKP ke PIO (kapasitor 0,33uF dengan 0,25uF dan 0,47uF dengan 0,5uF).
Suara terasa membaik, terutama separasi dan detail. Pengaturan volume pun menjadi lebih baik.
Stecker RCA lama
Stecker RCA Neutrik
Potensiometer standar

ALPS Potentiometer biru 20Kohm


Standard MKP Caps 0,47uF/400V
PIO MБМ 0,5uF/500V
Standard MKP Caps 0,33uF/250V
PIO MБМ 0,25uF/500V
3. Langkah selanjutnya adalah membypass sebuah capasitor 0,47uF di bagian power supply dengan PIO 1uF. Perubahan terasa di sektor bass walaupun hanya sedikit.
Bypass dengan PIO K75-10 1uF/250V
4. Beberapa kapacitor pun terkena gusuran lagi. kali ini kapasitor 0,1uF. Hasilnya suara vokal terasa lebih detail dari sebelumnya.
Kapasitor metal polyester film Standard 0,1uF
Kapasitor MБМ 0,1uF
Setelah sektor signal suara dibenahi, sektor power supply pun tak luput dari pembenahan. Saya pun memesan beberapa dioda dan kapasitor untuk sektor power supply ini.

5. Dioda untuk High Voltage B+ dan negativ feed diganti dari FR417 dengan Telefunken BYT56M. Lalu kapasitor di bagian power supply pun diganti, 0,47uF Metal polyester film dengan 0,47 MKP Solen, 6,8uF MKP dengan 10uF MKP Solen, 470uF Elko dengan 470uF Elko Kendeil, 6,8uF MKP dengan 6,8uF MKP Solen.
Suara terutama bass menjadi lebih rapi dan tidak kedodoran pada musik yang cepat.
MKP Standard 6,8uF vs MKP Solen 6,8uF
Elko JUNZL 470uF/250V vs Elko Kendeil 470uF/450V
MKP Solen 10uF/630V + Elko Kendeil 470uF/450V
MKP Solen 0,47uF/630V + Bypass PIO K75-10 1uF/250V




MKP Solen 6,8uF/630V in the middle
Telefunken Diode BYT56M
Diode FR107
Diode Telefunken BYT56M
Diode FR107
Diode Telefunken BYT 56M

6. Setelah itu beberapa kapasitor keramik diganti dengan tipe mica silver. Disini perubahan tidak begitu terasa.
Kapasitor Keramik 100pF/2kV
Kapasitor Mica Silver 100pF/500V
7. Batok Trafo dilapisi dengan peredam bitumen (dikenal juga dengan peredam bakar). Suara menjadi lebih bulat dan lebih fokus staging pun jadi lebih rapi.
Bitumen Tape
Batok Trafo setelah dilapisi Peredam

Inilah hasil tweak saya sampai saat ini. Beberapa komponen masih direncanakan untuk diganti, antara lain rectifier akan diganti dengan ultra fast dioda, beberapa kapasitor pun masih akan diganti dengan yang lebih baik. Untuk sekarang akan dinikmati dulu hasil tweak sampai saat ini.
Bila pengantian komponen lainnya sudah selesai, hasilnya akan saya update lagi.

Final Look form Dynavox VR70e II

No comments:

Post a Comment