13 January 2012

DIY Power Cord

Kali ini saya mencoba membuat Power Cord untuk mengganti kabel listrik di ampli Dynavox saya.
Resepnya saya dapatkan dari posting salah satu pakar audio akustik (Pak Atok Purnomo) di milis yang saya ikuti.

bahan yang saya pakai:
kabel listrik serabut 5x2,5mm2 2,5meter
PTFE Tape 12mm (Marley)
Sarung kabel (Viablue)
Alumunium Tape 3M
Selang bakar
Schuko & IEC Plug (Supra LoRad)
Ferrit Filter (TDK)
Cara membuatnya juga gampang sekali:
  1. kabel dikelupas, diambil isinya 3 utas.
  2. tiap utas dilapis PTFE Tape 2x.
  3. 3 utas kabel yang sudah dilapis disatukan lalu dililit lagi dengan PTFE Tape 2x.
  4. lalu kabel yang sudah dililit PTFE dibungkus dengan alumunium tape 1x.
  5. pasang selongsong kabel, lalu ujungnya dirapikan dan dibungkus dengan selang bakar.
  6. pasang Schuko & IEC Plug, perhatikan Line, Netral & Groundnya biar seragam antara schuko & IEC.
  7. pasang ferrit filter di tiap ujung kabel dekat dengan plug.
  8. kabel siap dipakai dan dinikmati. (Perhatikan juga hot line dari PLN agar sesuai dengan Line di schuko)

No comments:

Post a Comment