29 June 2009

No Turning Back....

Ketika saya masih kecil, saya cuma tahu radio transistor mono... bisa bunyi koq aneh ya... sampai saya bongkar, mau lihat apa ada orang di dalemnya yang ngomong....
sudah beranjak dewasa mulai bergaul dengan midi compo... setelah itu karena lihat punya saudara dan baca majalah Audio Video maka tertariklah sama Home Theater...
Setelah itu lihat di mobil orang pasang Audio, akhirnya ikutan juga mengupgrade komponen Audio Mobil sampai suaranya enak didengar...
Tetapi semua Amplifier saya merupakan Ampli SS (Solid State / Transistor / IC)
Sampai saya ikut milis yang membahas Ampli Tabung.... (barang apa pula ini) yang belum pernah lihat sebelumnya...
Sampai akhirnya 2 bulan yang lalu terbelilah sebuah Amplifier EL34 buatan Dynavox...
Dan hasilnya setelah mengenal Ampli Tabung, begitu balik dengar Ampli SS, koq terasa yah suaranya jadi tidak enak, terasa lagunya jadi tidak bernyawa...
Dan apa yang dikatakan pak PJ di Milis ternyata benar adanya, main Vacum Tube merupakan point of no Return... a.k.a No turning Back....
Dan Gawatnya masih banyak Tabung2 yang bersuara lebih Indah dari cuma EL34 dan semua harganya yang Aduhai...


"Manusia selalu berubah seiring waktu, maka dari itu Berubahlah selalu menuju ke arah yang lebih baik..."

3 comments:

  1. Halo dok,...
    Nice blog..
    Aku link yah..

    ReplyDelete
  2. To Dr. Muliadi Antaredja,

    Sorry, mohon koreksi: nama saya Basuki Pramana, bukan Basuki Permana.

    Nama saya sering berganti menjadi: Basuki Permana, Basuki Rahmat, Basuki Prahmana dll. He..he.. kalau masukkan keyword yang salah di Search engine Google.com / Yahoo.com, maka tidak akan ada link ke Blog saya, mungkin masuk ke Blog orang lain.

    Benar bila telinga kita sudah terbiasa mendengar musik dari alat yang bagus,maka ketika mendengar musik dari alat yang seadanya, akan terasa kekurangannya.

    Sama spt ngetik dg Mesin tik biasa kemudian pindah ngetik dg Keyboard Komputer. Ia tidak akan mau ngetik di Mesin tik biasa lagi.

    Mohon ijinnya utk buat link ke Blog anda. Tq.

    Salam sukses.

    ReplyDelete
  3. @ Dr. Yudhi, silahkan di link, saya juga minta ijin link blog anda...

    @ Dr. Basuki, sorry dok, salah tulis nama, hehehe, saya koreksi segera...
    Sebenarnya amplifier Tube ini sudah ketinggalan jaman, kalau dari spektrometer elektronik pun kalah dibanding ampli modern yang sudah pakai IC, tapi suaranya masih lebih enak ini... kadang barang lama masih lebih bagus kualitasnya dari barang baru dok...

    salam,
    Muliadi

    ReplyDelete