11 July 2009

Flohmarkt (Pasar Loak)

Hari ini saya pergi pagi-pagi ke Flohmarkt alias pasar loak. Disini (Jerman) pasar loak tidaklah tetap seperti layaknya di Indonesia. Biasanya diadakan hari sabtu di lapangan yang cukup luas, tapi ada jadwalnya. Bisa sebulan 1x, sebulan 2x, bahkan kalau sedang musim panas bisa setiap minggu ada, apalagi kalau lapangannya tidak dipakai untuk pertunjukkan sirkus atau sebagainya.
Para penjualnya pun tidak semuanya pedagang loak tetap, ada juga yang hanya ingin mengosongkan gudangnya atau menjual barang-barang yang tidak terpakai lagi, atau kadang ada yang menjual barang-barang baru juga. Isi pasar loak disini cukup beragam. Mulai dari baju, perabotan rumah tangga, barang-barang koleksi, jam, perhiasan, sepeda, mainan anak-anak, sampai peralatan elektronik.
Yang membuat saya ketagihan ke pasar loak adalah kita bisa mendapatkan barang yang masih bagus dengan harga murah, tapi yah harus pintar-pintar mencari dan menawar juga. Barang yang biasanya saya incar itu piringan hitam atau cd. Barang lainnya yah seperti mendapat jodoh saja, tidak bisa ditebak, lihat, suka, tawar, harga sesuai bungkus, tidak yah cari lagi. Kadang bisa mendapat harta karun juga loh. Maksudnya si penjual tidak ngerti nilai barangnya, dan kita dapat dengan harga murah sekali. Padahal di penjual lain yang hanya berbeda beberapa lapak harganya bisa 3-5 kali lipat karena penjualnya mengerti nilai barangnya. Tips untuk yang berbelanja sering-seringlah melihat harga barang yang diincar di toko normal, jadi tidak tertipu oleh harga penjual yang seolah-olah murah, padahal barang yang baru harganya lebih murah.
Hari ini saya mendapatkan 4 buah piringan hitam dengan harga 1€ perbuah, padahal di toko piringan hitam bekas pun untuk 4 piringan hitam tersebut minimal saya harus merogoh kocek 20€. Saya mendapat juga set kocokan cocktail yang terbuat dari kaca. Biasa di toko hanya ada yang dari logam itu pun sudah minimal 10-20€ seset, yang ini saya dapatkan hanya dengan 1€. selain itu ada juga panggangan listrik bekas seharga 5€, baki logam seharga 50sen (di toko 1€ pun yang plastik sudah 1€), dan 1 set pisau dengan wadah kayunya seharga 7€. Setelah kenyang berbelanja carilah penjual steak atau wurst, atau es krim juga untuk mengganjal perut setelah 3 jam memutari pasar loak. Dan jangan lupa, setibanya dirumah semua peralatan tersebut harus dicuci bersih dulu sebelum digunakan.
Senangnya berbelanja ke pasar loak.

"Kentang tidaklah berharga dimata orang yang sudah kenyang, tetapi akan sangat berharga bagi orang yang kelaparan"

1 comment:

  1. "Welcome to the web experts treatment of various types of diseases, do not forget to get the best health solutions here"
    Obat Malesma Paling Ampuh
    Obat Psoriasis Paling Ampuh

    ReplyDelete